Our Blog

Analisis Sistem Informasi



  1. Uraikan karakteristik Transactional Processing System untuk memperlancar proses bisnis ,berikan kasus atas permasalahan TPS dan contoh software yang umumnya digunakan!
Jawab:
Sistem pengolahan transaksi (TPS) memiliki beberapa karakteristik, antara lain sebagai berikut:

    • Volume data yang di-proses relatif sangat besar.
Sistem Pengolahan Transaksi (Transaction Processing System disingkat TPS) adalah sistem yang menjadi pintu utama dalam pengumpulan dan pengolahan data pada suatu organisasi, karena itu volume data yang di-proses pada TPS relative sangat besar yaitu mencakup data transaksi sehari-hari yang mendukung operasional organisasi.

    • Kapasitas penyimpanan data (database) tentu sangat besar.
    • Kecepatan pengolahan di-perlukan sangat tinggi agar data yang banyak bisa diperoses dalam waktu singkat.
    • Sumber data umumnya internal dan keluarannya umumnya untuk keperluan internal.
    • Pengolahan data biasa dilakukan periodik, harian, mingguan, bulanan, dsb.
    • Orientasi data yang dikumpulkan umumnya mengacu pada data masa lalu.
    • Masukan dan keluaran terstruktur, data diformat menurut suatu standar.
    • Komputasi tidak terlalu rumit.
    • Memerlukan kehandalan yang tinggi
    • Pemrosesan terhadap permintaan merupakan suatu keharusan. Pemakai dapat melakukan permintaan terhadap basis data
Contoh kasus atas permasalahan TPS dan contoh software yang umumnya digunakan:

Salah satu bentuk dari transaction processing system di Bank Mandiri adalah E-FX atau Mandiri E-FX yang merupakan sarana bagi nasabah dan cabang untuk melakukan deal transaksi valuta asing, melalui platform electronic banking.
Fitur-fitur yang tersedia antara lain:
1. Kuotasi berbagai mata uang
2. Kurs special untuk berbagai mata uang
Sebelum layanan ini diterapkan maka nasabah yang akan membeli/menjual FX harus melakukan telepon kepada Bank Mandiri (Pusat/Daerah) untuk mendapatkan kurs. Setelah itu, nasabah datang ke cabang untuk melakukan settlement FX.
Dalam layanan Mandiri E-FX yang berbasis web base maka nasabah dapat langsung mengetahui harga FX terkini yang dapat segera berubah mengikuti perkembangan harga pasar FX. Harga pasar FX didasarkan atas harga yang terjadi pada data Reuters. Apabila nasabah telah mendapatkan harga yang sesuai keinginan, maka nasabah langsung dapat melakukan transaksi dan dana pada rekening nasabah akan langsung berubah.
Existing Flow:
Menjadi:
Sumber : Dr. Ir. Arif Imam Suroso, M. (2014). Penerapan Outsourcing IT pada Transaction Processing System (Kasus Mandiri E-FX). Bogor: IPB.


  1. Uraikan karakteristik Office Automation System untuk memperlancar proses bisnis ,berikan kasus atas permasalahan OAS dan contoh software yang umumnya digunakan!
Jawab:
Sistem Otomasi Perkantoran (OAS) memiliki beberapa karakteristik, antara lain sebagai berikut:

  • Mendukung pekerja data.
  • Biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru.
  • Hanya menganalisis informasi sedemikian rupa.
  • Untuk mentransformasikan data atau memanipulasikannya .
  • Penggunaannya dengan cara cara tertentu.
  • Tidak langsung bisa di laporkan karena harus diolah lagi.
Contoh kasus atas permasalahan TPS dan contoh software yang umumnya digunakan:
  • Pengolahan Kata (Word processing)
Pengolahan kata adalah penggunaan alat elektronik (komputer) yang secara otomatis menyediakan banyak fasilitas yang diperlukan untuk menyiapkan, menyimpan, dan mencetak dokumen (seperti surat, naskah buku, jurnal, paper, dsb). Sistem pengolah kata menggunakan perangkat lunak yang disebut wordprocessor. Perangkat lunak ini menyiapkan fasilitas untuk meng-edit dokumen, seperti pemindahan kata/kalimat, perbaikan, penghapusan, pengubahan format halaman, penggabungan dokumen, pencetakan, dan sebagainya. Ketika software sudah diaktifkan maka naskah dari dokumen mulai diketik melalui keyboard masuk kedalam memory komputer, dokumen ini dapat di-edit, dan dapat disimpan, dan dibaca kembali pada akan diperbaiki atau ditambah isinya. Ketika diperlukan dalam bentuk cetakan maka dokumen tersebut dapat dicetak pada printer.
Beberapa software pengolah kata yang populer adalah MS-Word™ produk Microsoft, Openoffice-Writer yang merupakan software gratis, dan WordPerfect™. Pada hakekatnya banyak sekali perangkat lunak pengolah kata yang sudah diciptakan dan setiap software tersebut tentu memiliki keunggulan dan juga kelemahan, user dapat memilih salah satu dari paket perangkat lunak untuk digunakan. Perlu ditekankan disini bahwa setiap software memiliki karakteristik tertentu yang belum tentu dimiliki oleh software yang lain sehingga file-nya pada umumnya tidak dapat dipertukarkan.
    • Surat Elektronik (e-mail)
Surat elektronik sangat populer dengan nama e-mail adalah penggunaan peralatan elektronik (komputer) yang berada dalam suatu jaringan (seperti LAN atau Internet) untuk menyampaikan surat ke komputer lainnnya. Setiap orang yang menggunakan e-mail harus memiliki e-mail account pada suatu penyedia layanan e-mail (mail server provider) dan diberi alamat surat elektronik misalnya jihan@yahoo.co.id, dan penyedia layanan ini akan menyediakan sebuah kotak surat untuknya (mailbox). Ketika seseorang mengirim e-mail ke suatu alamat, maka surat itu akan disampaikan ke mailbox yang sesuai dengan alamat tersebut. Penerima e-mail akan menerima surat ini pada saat dia membuka mailbox-nya.
Suatu perangkat lunak aplikasi digunakan untuk mengelola e-mail, misalnya Microsoft Outlook dan Pegasus mail. Bentuk lain dari surat elektronik adalah pemakaian SMS (Short Message System) pada telepon selular (ponsel), dimana penyedia layanan menyediakan mailbox bagi setiap pelanggan, dan SMS secara otomatis dikirim ke ponsel penerima pada saat ponsel-nya aktif.
    • Voice Mail
Voice mail serupa dengan e-mail, bedanya e-mail mengharuskan surat/pesan diketik sedangkan voice mail mengharuskan pesan direkam dalam bentuk suara kemudian disimpan pada mailbox penerima pesan. Sistem voice mail menggunakan komputer yang menyediakan mailbox bagi setiap penggunanya, suara yang direkam diubah ke digital kemudian disimpan dalam mailbox storage (hardisk), ketika penerima membuka mailboxnya maka pesan suara digital ini diubah kembali ke suara analog dan diperdengarkan isinya.
    • Lembar Kerja (Spreadsheet)
Lembar kerja (spreadsheet) adalah perangkat lunak yang bisa membantu pemakainya dalam menyiapkan tabel-tabel dan grafik-nya. Lembar kerja ini terdiri atas sel-sel data yang disusun dalam bentuk matriks, memiliki baris dan kolom. Kedalam sel bisa dituliskan angka maupun teks. Angka-angka yang berada dalam kumpulan sel dapat dibentuk menjadi grafik, seperti grafik bundar (pie), batang (bar), dan bentuk lainnya.
Beberapa software lembar kerja terkenal adalah: MS-Exel™, Lotus 123™ dan Openoffice.org.Calc. Berikut ini adalah interface dari Openoffice.org.Calc.
    • Kalender Elektronik (electronic calendar)
Kalender elektronik adalah penggunaan peralatan elektronik untuk mencatat, menyimpan, dan meng-akses kalender acara / kegiatan para pimpinan. Perangkat lunak kalender elektronik biasanya terpadu dengan software e-mail (misalnya Microsoft Outlook) dengan fasilitas memasukkan kegiatan harian, meng-edit kegiatan, memeriksa kembali, mencetak, dan memberi alarm (remainder) pada kegiatan penting, dsb.
Kalender elektronik dapat dipasang dalam jaringan sehingga memungkinkan kolaborasi jadwal beberapa pimpinan/staff, misalnya akan diadakan rapat maka program kalender dapat memeriksa semua jadwal yang ada sehingga dapat dipilih waktu luang dimana setiap orang bisa hadir. Walau demikian acara tertentu bisa di-proteksi sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain.
    • Konferensi Audio
Konferensi audio (audio conferencing) adalah pemanfaatan fasilitas komunikasi suara dua arah (telepon, PABX) untuk melakukan percakapan yang melibatkan lebih dari 2 orang secara paralel, bersamaan. Berbagai kelebihan konferensi audio adalah sebagai berikut:
    • Biaya peralatan untuk konferensi audio dapat terjangkau, karena umumnya organisasi sudah memiliki fasilitas komunikasi suara.
    • Pada umumnya orang lebih bebas mengemukakan pendapatnya bila tidak bertatap muka langsung, berbicara hanya melalui telepon.
    • Mengurangi biaya dan waktu transportasi untuk berkumpul disatu tempat, karena peserta bisa berada ditempatnya masing-masing.
Ketika suatu konferensi audio akan dilakukan maka seseorang harus bertindak sebagai moderator agar dapat mengatur pembicaraan dan dapat memberi kesempatan pada setiap peserta.
  • -Konferensi Video
Konferensi video (video conferencing) adalah pemanfaatan peralatan video (TV) untuk mem-fasilitasi pertemuan para peserta konferensi dari lokasi geografis yang berjauhan, misalnya pertemuan para anggota kabinet yang sebagian sedang berada di Washington, DC, Amerika Serikat dan sebagian lagi berada di Jakarta. Walau konferensi video bisa menghemat biaya perjalanan, banyak perusahaan tidak termotivasi untuk menggunakan-nya hanya untuk alasan tersebut, tetapi lebih kepada kemungkinan melibatkan peserta (staff dan manager) yang lebih banyak dari tempat berbeda untuk bisa ikut dalam pengambilan keputusan.
  • -Konferensi Komputer
Konferensi komputer menggunakan peralatan jaringan komputer untuk melaksanakan konferensi video, konferensi audio, dan e-mail (konferensi text). Konferensi komputer biasa disebut sebagai teleconference. Salah satu pemanfaatan konferensi komputer adalah distance learning atau e-learning, dimana perkuliahan dapat dilakukan serentak dibeberapa kampus (lokasi) yang secara geografis bisa sangat berjauhan.
    • Videotex
Videotex adalah pemanfaatan komputer untuk menampilkan berbagai informasi (terutama teks) pada berbagai layar monitor agar banyak orang bisa melihatnya. Sebagai contoh monitor yang menampilkan harga saham di Bursa Effek, atau melalui jaringan komputer ke monitor beberapa orang, adalah pemakaian videotex. Suatu organisasi dapat menggunakan videotex untuk menyebarkan informasi umum organisasi-nya sehingga semua staf dapat melihatnya tanpa perlu bertanya lagi.
Beberapa perusahaan menyediakan videotex yang bisa diakses melalui internet, misalnya Dow Jones News/Retrieval Service menyediakan informasi bisnis dan harga-harga saham diberbagai bursa effek.
  • Faksimili (Facsimile)
Faksimili sering disingkat menjadi FAX merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk mengirim dokumen dari satu lokasi ke lokasi lain melalui saluran telepon. Mesin Fax pengirim men-scan dokumen menjadi sinyal analog dan kemudian mentransmisikan sinyal ini melalui saluran komunikasi (telepon), setelah sampai di tujuan mesin Fax penerima akan mengubah sinyal ini menjadi cetakan dokumen pada kertas. Dewasa ini komputer dapat dilengkapi dengan modem dan perangkat lunak fax sehingga dapat mengirim dokumen yang dibuat dengan pengolah kata sebagai dokumen fax.
Contoh pengguna perangkat-perangkat yang mendukung otomasi perkantoran :
  • Pengolah lembar kerja digunakan menganalisa berbagai kemungkinan harga.
  • Pengolah kata dipakai untuk membuat kontrak penjualan.
  • Surat elektronik untuk memberikan deskripsi produk kepada calon pelanggan.
  • Video konferensi digunakan untuk melakukan pertemuan virtual jarak jauh untuk melakukan koordinasi sejumlah orang yang berada diberbagai tempat yang berjauhan. Dalam hal ini, wajah para anggota (member) dapat terlihat dalam monitor.
  1. Uraikan karakteristik Knowledge Work System untuk memperlancar proses bisnis ,berikan kasus atas permasalahan KWS dan contoh software yang umumnya digunakan!
Jawab:
KWS memiliki beberapa karakteristik, antara lain sebagai berikut:
Knowledge Work System (KWS) mendukung para pekerja profesional seperti ilmuwan, insinyur, dan doktor dengan membantu mereka menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikannya ke organisasi atau masyarakat.
Contoh kasus atas permasalahan KWS dan contoh software yang umumnya digunakan:
Sistem CAD / CAM: system desain terkomputerisasi (CAD) dan system manufaktur terkomputerisasi (CAM) mengotomatisasi penciptaan dan revisi desain, menggunakan komputer dan perangkat lunak grafis canggih. System ini disediakan untuk insinyur, desainer, dan manajer pabrik dengan kontrol manufaktur yang lebih tepat desain industri dan manufaktur
Virtual reality System: perangkat lunak grafis interaktif untuk membantu apoteker, arsitek, insinyur, dan tenaga medis dengan menghadirkan rumusan yang tepat dan simulasi obyek tiga dimensi.
Workstation investasi: Ini adalah PC high-end yang digunakan di sektor keuangan untuk menganalisis situasi perdagangan seketika dan memfasilitasi manajemen portofolio.
Sumber: intranet.ibat.ie/moodle/.../chpt11-3bullettext.htm

  1. Uraikan karakteristik Decision Supporting System untuk memperlancar proses bisnis ,berikan kasus atas permasalahan DSS dan contoh software yang umumnya digunakan!
Jawab:
DSS memiliki beberapa karakteristik, antara lain sebagai berikut:
  • DSS membantu para pengambil keputusan dalam proses pengambilan keputusan.
  • DSS dirancang khusus untuk mengatasi problema semi-terstruktur atau tidak-terstruktur.
  • DSS mendukung pengambil keputusan di segala jenjang, namun jelas akan sangat efektif bagi mereka yan berada di jenjang taktis dan strategis.
  • DSS merupakan sistem interaktif dan bersahabat dengan pengguna sehingga dapat dipergunakan oleh segenap jenjang manajemen dengan sedikit atau tanpa bantuan sama sekali dari profesional komputer.
  • DSS memungkinkan model-model matematis umum, kemampuan simulasi, dan alat bantu analisa tersedia untuk digunakan oleh para pengambil keputusan.
  • DSS harus dapat secara mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan informasi pada setiap lingkungan atau keadaan pengambilan keputusan.
  • DSS dapat berinteraksi dengan basis data korporat.

Contoh kasus atas permasalahan DSS dan contoh software yang umumnya digunakan:
DSS untuk penanganan jalan lintas timur sumatera. Jaringan jalan utama di Pulau Lintas Timur Sumatera dibentuk oleh tiga jalan utama yaitu Lintas Timur, Lintas Tengah dan Lintas Barat. Pada Jalan Lintas Timur Sumatera, banyak terdapat ruas jalan dalam kondisi rusak ringan dan rusak berat yang sewaktu-waktu berpotensi terputus.
Kerusakan jalan yang progresif terjadi karena terlambatnya penanganan perbaikan dan terbatasnya dana. Selama ini penanganan Jalan Lintas Timur dilakukan secara manual sehingga diperlukan sistem informasi yang membantu penanganan dalam hal ini pembuatan Analisis Keputusan.
Aplikasi LTDSS (Lintas Timur Decision Support System) merupakan aplikasi Decision Support System (DSS) untuk penanganan jalan Lintas Timur Sumatera. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6.0, Ms. Access 2000 dan Crystal Reports 8.5. Aplikasi LTDSS membutuhkan input berupa data ruas, data seksi, data kondisi, data lalulintas, data perencanaan serta data biaya.
Proses yang dilakukan mengacu pada MAK (Metode Analisis Komponen). Output yang dihasilkan berupa alokasi dana tiap propinsi dan jenis penanganan jalan untuk tiap ruas serta dapat diketahui umur layan dari jalan yang ditinjau.
  1. Uraikan karakteristik Management Information System untuk memperlancar proses bisnis ,berikan kasus atas permasalahan MIS dan contoh software yang umumnya digunakan!
Jawab:
MIS memiliki beberapa karakteristik, antara lain sebagai berikut:
  • Beroperasi pada tugas-tugas yang terstruktur, dimana prosedur, pengambilan keputusan, arus informasi, format laporan dsb, sudah terdefinisi.
  • Bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.
  • Menyediakan laporan untuk keperluan pengambilan keputusan
  • Mempermudah akses informasi untuk keperluan manajemen
Contoh kasus atas permasalahan MIS dan contoh software yang umumnya digunakan:
peran MIS sangat besar yaitu dalam mengembangkan infrastruktur yang ada di PURA GROUP.
Adapun hasil yang sudah dicapai, yaitu :
Sistem Jaringan Terpadu
Adalah sistem jaringan komunikasi yang terintegrasi baik data, voice dan internet yang menghubungkan antara kantor pusat dengan unit - unit yang ada , baik di dalam kota maupun di luar kota kudus. Teknologi networking yang kita pakai adalah dengan menggunakan koneksi Fiber Optik (FO) , wireless dan juga VPN. Dengan integrated Networking System , seluruh unit - unit dalam perusahaan bisa saling berkomunikasi secara efektif dan efisien sehingga akan menunjang perkembangan dan produktivitas kerja perusahaan.
VOIP (Voice Over Internet Protocol)
Sistem jaringan komunikasi data dan voice yang menghubungkan Kudus ( kantor pusat ) - Jakarta (Kantor Perwakilan PURA di Graha Pura, Pancoran) dan Kudus ( kantor pusat ) – Surabaya ( Kantor Perwakilan Pura di Ruko Darmo Permai ) dengan menggunakan jalur Lease Channel.
Sistem Akuntansi dan Keuangan Pura Group (SAKTI)
Sistem ini dibuat agar dapat mengantisipasi kebutuhan Sistem Akuntansi dan Keuangan Pura Group di masa yang akan datang dan lebih mudah dikembangkan dan diintergrasikan.
Pada tahap selanjutnya akan dilakukan pengembangan aplikasi standar ini, agar dapat mengantisipasi kebutuhan manajerial di tingkat pengambil keputusan.
Sistem Informasi Produksi (Sisipro) TSS
Adalah sistem informasi yang dibangun untuk meningkatkan efisiensi administrasi produksi di unit TSS. Berbeda dengan SIMPG yang memuat hal-hal yang bersifat general administrasi di pura, SISIPRO-TSS bersifat unique, karena hanya berisi administrasi di unit TSS saja.
  1. Uraikan karakteristik Executive Supporting System untuk memperlancar proses bisnis ,berikan kasus atas permasalahan ESS dan contoh software yang umumnya digunakan!
Jawab:
ESS memiliki beberapa karakteristik, antara lain sebagai berikut:
  • Dibuat untuk individual executive users.
  • Mengekstrak, menyaring (filter), menyingkat dan melacak “critical data”
  • Menyediakan on-line status access.
  • Mengakses dan mengintegrasikan data internal dan eksternal.
  • Bersifat user friendly.
  • Digunakan langsung oleh eksekutif tanpa perantara.
  • Tersedia fasilitas komunikasi elektronik, mis. E-mail, computer conference, word processing.
  • Memiliki kemampuan analisis data, misalnya spredsheet, query language.
  • Memiliki organizing tools, misalnya electronic calendaring.
Contoh kasus atas permasalahan ESS dan contoh software yang umumnya digunakan:
Dari penyatuan empat bank pemerintah yang memiliki core banking system yang berbeda-beda, data center yang berbeda-beda, serta infrastruktur baik hardware, software maupun jaringan yang berbeda-beda maka pada awal bank Mandiri melakukan evaluasi atas core banking sistem dari keempat bank legacy.
Dan pada akhirnya bank Mandiri memutuskan untuk mengembangkan SIE nya dengan cara memodifikasi sistem core banking Bank Exim (BEST) untuk memenuhi kebutuhan standar produk awal bank Mandiri yang kemudian disebut dengan MASTER (Mandiri Sistem Terpadu).
Berdasar hasil evaluasi atas core banking sistem dari keempat bank legacy tersebut sistem core banking Bank Eximlah yang dianggap terbaik dari keempat sistem yang ada pada keempat legacy bank dan yang paling memungkinkan untuk direkomendasikan sebagai standar sistem paling memungkinkan untuk diimplementasikan sesuai dengan time frame legal merger.
Sistem core banking bank Exim telah diimplementasikan pada lebih dari 200 cabang, dan terdapat 40 karyawan bank Exim memahami sistem tersebut dengan baik. MASTER hanya sebuah solusi sementara jangka pendek untuk dapat secepatnya beroperasi dalam satu platform. MASTER tidak dapat mendukung kebutuhan bisnis dan visi bank Mandiri untuk masa mendatang karena MASTER dibuat pada pertengahan tahun 1980an untuk keperluan bank dengan segmen korporasi, sedangkan bank Mandiri menyasar pada segmen yang berbeda denga bank Exim yaitu segmen ritel.Selain itu, arsitektur sistem MASTER dikembangkan dengan konsep branch- centric yang tidak dapat mendukung konsep hub and spoke. Disamping itu database yang dimiliki oleh MASTER ini cukup terbatas dan tidak dapat memenuhi kebutuhan customer view dan segmentasi nasabah yang diperlukan.
Selanjutnya dilakukan benchmarking aplikasi MASTER yang dilakukan di IBM Center Rochester dan diketahui bahwa MASTER tidak dapat memenuhi kebutuhan bank Mandiri. Dari sini, pihak manajemen bank Mandiri sepakat untuk mengganti core banking sistemnya dengan sistem off- the-shelf from the market yang dapat mendukung bisnis dan visi bank Mandiri, dan tidak mendesain ulang sistem MASTER.
Setelah itu dilakukan penggantian sistem MASTER ke system eMAS (Enterprise Mandiri Advanced System) yang project pilotnya dilakukan dalam dua tahap. Sistem eMAS dijalankan senilai US$ 173 juta selama 3 tahun yang mencakup empat inisiatif utama yaitu:
  1. Memperkaya dan memperbarui delivery channel.
  2. Membangun sistem core banking baru yang terintegrasi.
  3. Membangun MIS didukung teknologi Data Warehouse terkini.
  4. Memperkuat dan memperbarui sistem infrastruktur yang reliable.
didukung oleh anggota tim sebanyak 500 orang, 32 proyek, 18 sistem interfaces dan 128 sub modul.
Sumber: Enriche Putra H (2011): Bogor
  1. Coba anda analisis dan cari kasus yang berkaitan dengan security system sebagai bagian dari pengendalian system informasi!
Jawab:
Firewall merupakan sistem yang digunakan untuk mencegah pihak-pihak yang tidak diijinkan untuk memasuki daerah yang dilindungi dalam unit pusat kerja perusahaan. Firewall berusaha untuk mencegah pihak-pihak yang mencoba masuk tanpa ijin dengan cara melipatgandakan dan mempersulit hambatan-hambatan yang ada. Namun, yang perlu diingatkan adalah bahwa sitem firewall ini tidak dapat mencegah masuknya virus atau gangguan yang berasala dari dalam perusahaan itu sendiri.

Aspek keamanan komputer mempunyai beberapa lingkup yang penting, yaitu:
  1. Privacy & Confidentiality
Hal yang paling penting dalam aspek ini adalah usaha untuk menjaga data dan informasi dari pihak yang tidak diperbolehkan mengkasesnya. Privacy lebih mengarah kepada data-data yang sifatnya privat. Sebagai contoh, email pengguna yang tidak boleh dibaca admin. Sedangkan confidentiality berhubungan dengan data yang diberikan kepada suatu pihak untuk hal tertentu dan hanya diperbolehkan untuk hal itu saja. Contohnya, daftar pelanggan sebuah ISP.
  1. Integrity
Aspek ini mengutamakan data atau informasi tidak boleh diakses tanpa seizin pemiliknya. Sebagai contoh, sebuah email yang dikirim pengirim seharusnya tidak dapat dibaca orang lain sebelum sampai ke tujuannya.
  1. Authentication
Hal ini menekankan mengenai keaslian suatu data / informasi, termasuk juga pihak yang memberi data atau mengaksesnya tersebut merupakan pihak yang dimaksud. Contohnya seperti penggunaan PIN atau password.
  1. Availability
Aspek yang berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. Sebuah sistem inofrmasi yang diserang dapat menghambat ketersediaan informasi yang diberikan.
  1. Access Control
Aspek ini berhubungan dengan cara pengaksesan informasi. Hal ini biasanya berhubungan dengan klasifikasi data (public, private confidential, top secret) & user (guest, admin, top manager, dsb.), mekanisme authentication dan juga privacy. Seringkali dilakukan dengan menggunakan kombinasi user ID atau password dengan metode lain seperti kartu atau biometrics.
  1. Non-Repudiation
Hal ini menekankan agar sebuah pihak tidak dapat menyangkal telah melakukan transaksi atau pengaksesan data tertentu. Aspek ini sangat penting dalam hal e-commerce. Sebagai contoh, seseorang yang mengirim email pemesanan barang tidak dapat disangkal telah mengirim email tersebut.
Contoh kasus:
Salah satu isu yang menjadi permasalahan dalam penggunaan internet banking adalah sistem kemanan bertransaksi perbankan dengan menggunakan internet. Masalah yang sering muncul adalah adanya pencurian nomor kredit dan MITM Attack. MITM attack adalah serangan dimana attacker berada di tengah bebas mendengarkan dan mengubah percakapan antara dua pihak. Sedangkan pencurian dalam nomor kredit, nomor curian kemudian dimanfaatkan oleh orang yang sesungguhnya tidak berhak. Nasabah harus diyakinkan oleh pihak bank bahwa transaksi perbankan berjalan aman karena bank bersangkutan memiliki perangkat keamanan untuk mencegah para hacker mengganggu transaksi mereka.
Untuk itulah dikembangkan system pengamanan pada berbagai transaksi perbankan, diantaranya:
  1. Kemanan pada lingkungan sistem
Keamanan pada lingkungan sistem merupakan keamanan data pada server Internet Banking dan server back-end dari sistem Internet Banking. Tanpa keamanan data yang tepat memungkinkan terjadi risiko seperti:
  • Network Packet Sniffer. Seorang penyerang telah membobol informasi rekening nasabah yang sedang dijalankan network. Kemungkinan yang terburuk dapat mengakses semua rekening nasabah dan dapat membuat rekening ilegal melalui ”backdoor” ke dalam network bank. Selanjutnya, informasi packet-sniffers provides tentang jaringan network bank, dapat dijadikan sasaran penyerang untuk mengirim network packet yang didistribusikan melewati network milik bank.
  • IP Spoofing. Ini dapat digunakan untuk mengakses informasi rekening nasabah dengan berbagai cara. Biasanya lewat fasilitas email web site Internet Banking.
  • Denial of Service Attacks. Dengan cara tersebut bertujuan mengacaukan setiap akses atau informasi di dalam network. Para penyerang memfokuskan diri untuk dapat membuat pelayanan tidak sesuai dengan biasanya.
Solusinya ialah menggunakan teknologi Firewall. Firewall dapat diimplementasikan dengan software atau hardware atau bahkan keduanya. Firewall selalu digunakan untuk mencegah seseorang atau program yang tak diundang.
  1. Keamanan data nasabah
pada persoalan ini akan dikonsentrasikan mengenai keamanan antara browser yang terdapat informasi nasabah ke web server milik bank. Ketika terjadi koneksi antara browser dan web server mempunyai risiko seperti Network Packet Sniffing. Sebuah kegiatan network protocol, bagaimana sebuah paket diberi label dan diidentifikasi.
Sehingga komputer dapat menentukkan apakah paket tersebut telah diidentifikasi dengan benar. Karena spesifikasi dari network protocols seperti TCP/IP telah digunakan secara luas, sebuah program tertentu dapat dengan mudah mencegah network packets dan mengubahnya menjadi sniffer.
Solusi untuk persoalan ini yakni keamanan antara browser milik nasabah dengan web server dapat ditangkal dengan keamanan protocol yang disebut dengan Secure Socket Layer (SSL). SSL terdiri dari encryption, server authentification dan messege integrity dalam berkoneksi dengan Internet.
  1. Pengamanan dari pihak ketiga
Sistem keamanan pada ATM (automated teller machine / anjungan tunai mandiri) yang meliputi pengamanan PIN (personal identification number ) dan bentuk serangan pada keamanan ATM. Metode yang digunakan dalam pengamanan  pada ATM adalah dengan penggunaan PIN untuk dapat melakukan akses dan transaksi melalui mesin ATM. Pengamanan PIN dilakukan dengan menggunakan proses kriptografi (enkripsi dan dekripsi) dengan menggunakan standar.
Triple DES (data encryption standard ).
  1. Coba anda analisis dan cari kasus yang berkaitan dengan isu-isu etika system informasi dan dampaknya bagi perilaku organisasi!
Jawab:
Dimensi moral dari informasi di tengah arus global yang semakin berkembang membuat isu-isu etika menjadi suatu isu yang sangat prinsipil dalam arus teknologi informasi. Privasi adalah klaim individu untuk dibiarkan sendiri, bebas dari pengawasan atau intervensi dari pihak lain. Di Amerika Klaim terhadap Privasi dilindungi undang-undang yang biasa disebut dengan “Fair Information Practices” yaitu kumpulan prinsip yang mengatur pengumpulan dan penggunaan data individu. Sedangkan di Eropa setiap pihak yang akan mengakses data orang lain harus mempunyai izin dari pemilik data (Informed Consent).
Teknologi internet yang semakin berkembang juga memberikan dampak terhadap klaim privasi dimana sistem jaringan tersebut membuat setiap orang dengan mudah dapat menganalis dan mengetahui tentang data orang lain. Cookie misalnya adalah salah satu file kecil dimana mampu menyimpan data pengunjung suatu web. Ada juga Web Bug yang merupakan file grafis dalam suatu email yang mendeteksi perilaku online. Ada juga Spyware yang tersimpan dalam komputer pengguna dan mampu memberikan informasi tentang apa yang dilakukan oleh pengguna.
Rahasia dagang (trade secret), hak paten dan hak intelektual merupakan hak pribadi maupun organisasi yang harus dilindungi. Sehingga ada undang-undang Hak Cipta Milenium Digital (DMCA) yaitu suatu undang-undang yang mengatur tentang penjualan melalui internet yang legal tanpa melanggar hak cipta maupun hak paten.
Banyak pihak yang menyalahgunakan internet dan informasi untuk sesuatu yang bersifat kriminal (Computer Crime) seperti merusak jaringan orang lain, menciptakan virus dan melakukan penipuan melalui jaringan online seperti pembobolan kartu kredit dan lain-lain. Ada juga yang melakukan penyalahgunaan komputer (Computer Abuse) seperti mengirimkan Spam atau email sampah. Biasanya spam ini berupa promosi produk atau hal-hal yang tidak disukai pelanggan. Tapi umumnya beberapa server email melakukan blok terhadap spam ini kecuali pelanggan menonaktifkan perangkat pengamanan terhadap Spam.
Dalam perkembangannya informasi memiliki jurang digital (Digital Divide) dimana adanya celah atau gap antara orang-orang yang memiliki fasilitas modern dan yang masih tradisional. Sehingga ada celah yang terjadi dalam pengetahuan terhadap fasilitas digital yang terus berkembang. Dan ini merupakan masalah besar jika tidak dipikirkan suatu cara untuk meminimalisir celah tersebut.
Dalam penggunaan komputer ada beberapa resiko kesehatan yang terjadi sehingga ini menjadi suatu isu sosial yang harus ditangani. Seperti cedera stres yang berulang dan juga sindrom penglihatan komputer. Kedua resiko kesehatan ini merupakan isu sosial yang harus diperhatikan dalam menciptakan sebuah komputer. Sehingga untuk kedepan masyarakat akan mendapatkan suatu produk yang mampu membuat mereka terus sehat atau dalam kata lain saya menyebutnya dengan “Komputer Sehat”.
Dengan menjaga etika pada penggunaan system informasi akan meningkatkan perilaku yang sehat pula dalam berorganisasi khususnya organisasi bisnis dimana organisasi bisnis dapat memperoleh kepercayaan dari costumer dan investor sebagai stakeholder dan mendukung keberlangsungan organisasi bisnis.
  1. Coba anda analisis dan cari kasus yang berkaitan dengan e commerce dan manfaatnya bagi keberlangsungan organisasi khususnya organisasi bisnis!
Jawab:
Penerapan e–commerce telah terbukti menjadi pendekatan yang potensial untuk meningkatkan efektivitas dalam praktik bisnis. Keuntungan ini bisa meningkatkan efisiensi operasional organisasi Libya dalam memperluas jaringan pemasaran nya. Berdasarkan meningkatnya kebutuhan e-commerce untuk diintegrasikan dalam jaringan bisnis, maka jurnal ini mengeksplorasi peran dan relevansi intervensi kebijakan penerapan e-commerce antara basis negara-negara berkembang pada lingkungan bisnis yang ada di Libya.  
E-Commerce sebagai “suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi maupun antar institusi dan konsumen langsung”. Beberapa kalangan akademisi pun sepakat mendefinisikan E-Commerce sebagai “salah satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital.
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.
Dalam e-commerce, sistem pembayaran yang diguanakan adalah antara lain menggunakan :
  1. Tunai atau electronic cash.
  2. Sistem debit.
  3. Sistem kredit
  4. Digital Cash
  5. CyberCash
  6. First Virtual
  7. NetChex
  8. E-Gold
Manfaat E-commerce bagi Organisasi, Konsumen, dan Masyarakat luasBagi Organisasi:
  • Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok
  • Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, danmengakses informasi berbasis kertas
  • Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi.
  • Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “ pull ” yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just-in-time.
  • Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
  1. Coba anda analisis dan cari kasus yang berkaitan dengan system transmisi jaringan system informasi dalam memperlancar kinerja bisnis perusahaan!
Kebutuhan akan layanan informasi saat ini meningkat cepat, dengan berbagai tipe layanan yang beragam seperti voice, data, dan video. Hal itu mengakibatkan munculnya permintaan pasar yang menuntut penyedia layanan telekomunikasi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas dalam sistem transmisinya. Untuk dapat memenuhi permintaan layanan tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem transmisi dengan media yang memiliki kapasitas dan kualitas yang tinggi seperti serat optik. Dalam studi pustaka ini dijelaskan sistem transmisi serat optik dengan menggunakan Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) pada Synchronous Digital Hierarchy (SDH) serta perhitungan power budget-nya dalam jaringan transmisi PT. XL AXIATA Tbk. Power budget (anggaran daya) digunakan untuk menghitung banyaknya rugirugi (loss) pada jalur transmisi serta untuk mempertahankan daya sinyal optik yang diterima receiver agar lebih besar dari sensitivitas receiver tersebut. Perhitungan dan analisis power budget ini sangat diperlukan dalam penerapan sistem tranmisi agar dapat diperkirakan perlu atau tidaknya suatu penguat dalam suatu sistem komunikasi serat optik. Berdasarkan studi kasus pada jaringan transmisi PT. XL AXIATA Tbk. didapat jarak transmisi maksimum antar sublink dengan memperhitungkan jumlah sambungan, jumlah konektor dan loss margin dari sistem, adalah sebesar 131 km. Pada jaringan transmisi serat optik Jakarta – Semarang – Surabaya diperlukan pemasangan 2 buah penguat dikarenakan ada 2 buah sublink yang memiliki jarak antar sublink lebih dari 131 km yaitu Purwakarta – Cirebon (160 km) dan Purwodadi – Surabaya (245 km). Berdasarkan hasil perhitungan, penguat optik akan diletakkan di kota Haurgelis yang berjarak sejauh 75 km dari kota Purwakarta, dan di kota Bojonegoro, yang berjarak 115 rm dari Kota Purwodadi.
System transmisi jaringan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan system informasi pada organisasi khususnya organisasi bisnis. Besarnya kapasitas dan kualitas system transmisi jaringan akan sangat berpengaruh pada efektifitas serta efisiensi system informasi yang digunakan, penggunaan system informasi yang canggih apabila tidak didukung oleh system transmisi jaringan yang baik justru akan mengurangi efisiensi system informasi sebagai salah satu tool pendukung aktifitas organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi Pengetahuan Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.